KEPALA PUTIK ZINE

adalah zine yang berinisiatif menambah ruang aman untuk queer berbagi aktivitas. Idenya berawal dari niatan mendengarkan macam-macam perspektif pembacaan pengalaman personal atau keseharian teman-teman queer, baik sebagai individu, organisasi, idealisme, aktivisme, dan/atau advokasi. Pilihan pribadi dan sehari-hari itu terinternalisasi dan membentuk keputusan politik.

 

Proyek pertama Kepala Putik adalah zine yang terbit di bulan Juli 2020. Dalam prosesnya, Kepala Putik berupaya memberi porsi yang seimbang-setara bagi narasi-narasi yang mewakili ragam spektrum gender dan seksualitas. Untuk mengakomodasinya, Kepala Putik merancang kurator dan kontributor yang berbeda-beda di setiap edisinya. Setiap kolaborator merespon tema yang diberikan oleh Kepala Putik.

Proyek yang terus berlanjut adalah Liku: Off and On Stages, sebuah penelitian dan pengarsipan karakter Liku dalam dramatari Arja. Dramatari Arja adalah pertunjukan opera tradisional Bali yang dipentaskan dari desa ke desa di Bali. Liku adalah salah satu karakter ikonik dalam dramatari Arja. Ia adalah seorang putri yang konyol, terang-terangan, energik, cergas, cekatan, dan nekat. Karakter perempuan ini banyak diperankan oleh laki-laki feminin, lintas busana, dan/atau transgender. Pertunjukan yang melibatkan Liku diadakan pada upacara di Pura, festival budaya di ruang publik, juga panggung hiburan dalam pernikahan adat, potong gigi, jamuan ulang tahun, dan resepsi pertunangan. Proyek ini menjadi bagian dari proyek kreatif Be/Longing oleh SEAQF (South East Asian Queer Festival), untuk mengamplifikasi narasi/ budaya dan ingatan/ riwayat queer dalam pertunjukan seni Bali dari pelakunya.

KEPALA PUTIK ZINE EDISI 1

ISTIRAHATLAH KAKAK-KAKAK